Sabtu, 22 Agustus 2009

Andrographis Paniculata

Andrographis Paniculata Print E-mail
Deskripsi

ImageAndrographis berasal dari tanaman Andrographis paniculata, tanaman bunga dari famili Acan thaceae. Banyak tumbuh di Asia Selatan, meski dapat juga dikembangbiakan. Di China biasa digunakan sebagai tanaman obat. Di
Mandarin, andrographis dikenal sebagai xin lian, Yi jian xi atau Lan he lian, yang diartikan sebagai "thread-the-heart lotus." Di Jepang disebut senshinren. Di Inggris disebut green chiretta, heart-thread lotus leaf dan kariyat. Secara farmaseutik dikenal sebagai Herba Andrographitis Paniculatae atau Folium Andrographis.

Penggunaan umum / General use

Para dokter praktisi di China percaya bahwa andrographis dapat mempengaruhi usus besar, paru, lambung, kandung urin, atau enersi di tubuh. Diperkirakan tanaman ini berkhasiat menghilangkan panas pada demam atau akibat infeksi dan digunakan sebagai antibiotika spektrum luas dan immunostimulant untuk berbagai infeksi bacteri, virus dan parasit, al. misalnya influenza, infeksi intestinal, hepatitis, pneumonia, infecsi luka. Obat Andrographis ini rasanya pahit, bersifat astringent, rasa dingin dan kering.
Andrographis effectiv untuk keadaan yang berhubungan dengan demam, inflamasi, dan dalam pembentukan pus. Dapat menghilang kan panas dan "fire toxicity" yang bermanifestasi sebagai kerusakan dan karbunkel pada kulit. Juga dapat digunakan topikal pada gigitan ular atau dermatitis eksematosa.

ImageDibawah pengawasan dokter ahli, digunakan sebagai stimulans uterus dan abortivan , mengatasi abortus atau mengatasi kehamilan yang berkepanjangan atau gangguan plasenta (retained placenta).
Riset andrographis banyak dilakukan di China dengan fokus melihat khasiat farmakologiknyahas

Studi yang ada memperlihatkan bahwa andrographis yang ditanam di Syanghai berkhasiat immuno stimulan & anti-infeksi. In vitro, menghambat pertumbuhan kuman Diplococcus pneumoniae dan bakteri lain , dan memperlambat pengrusakan sel-2 renal embrional akibat virus.
Komposisi kimiawi al. andrographan, andrographolide, neoandrographolide, paniculide A, 14-deoxy-11-oxyandrographolide dan beta-sitosterol.






Preparat


Andrographis umumnya tidak ditemukan di toko makanan atau toko Amerika, tetapi dapat ditemukan Chinese pharmacies & Asian groceries.
Dosis standar antara 10 –- 15 gram sebagai decoct (strong tea) atau 2 –- 5 milliliter tinktur. Dosis powder berkisar antara 0.6 -- 1.2 gram. Karena rasanya yang pahit , sebaiknya diberikan dalam bentuk kapsul.

Image

Para praktisi China umumnya memberikan andrographis dalam kombinasi patent dengan:
a. Pericarpium Citri Reticulatae (Citrus reticulata, Chen pi) untuk batuk akibat penyakit paru.
b. Herba et Radix Houttuyniae Cordatae ( Houttuynia cordata, yu xing cao) dan Semen Benincasae Hispidae (Benincasa hispida, dong gua ren cao) untuk abses paru.
c. Flos Lonicerae Japonicae (Lonicera japonica, jin yin hua) & Radix Platycodonis Grandiflori (Platycodon grandiflorum, jie geng) untuk demam dan suara serak yang dini.
d.Herba Portulacae Oleraceae (Portulacca oleracea, ma chi xian ) untuk dysenteri.
e. Radix et folium Polygoni Cuspidati (Polygonum cuspidatum, hu zhang) dan Rhizoma Imperatae Cylindricae(Imperata cylindrical var. major, bai mao gen) untuk demam, dan rasa sakit pada gangguan saluran urinarius.



Hati-hati /Precautions

Menurut tradisi andrographis tidak pernah digunakan pada kasus-2 defisiensi, cold intestinal conditions. Bila digunakan jangka panjang atau dosis besar, senyawa ini dapat merusak lambung , menyebabkan gastric distress & nafsu makan hilang.
Andrographis dapat menyebabkan abortus, karenanya tidak boleh diberikan pada kehamilan.

Efek samping


Gastric distress & lhilangnya nafsu makan pernah dilaporkan pada penggunaan dosis besar

Interaksi


Interaksi belum pernah dilaporkan.
SUMBER : http://www.indofarma.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=22&Itemid=125

ULIVER : Melindungi keracunan sel hati, meningkatkan fungsi hati, menurunkan dan mencegah timbulnya perlemakan sel hati, bekerja secara sinergis dengan kurkumin, meningkatkan pengeluaran cairan empedu, melawan inveksi, meredakan peradangan dan mencegah penyumbatan hati dan kantung empedu, meningkatkan biosintesa RNA di dalam sel tubuh, melindungi kerusakan sel hati. DETAIL : HTTP://uliver.blogspot.com
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUBUNGI BIN MUHSIN TLP: 021-91913103 HP: 085227044550 email : binmuhsin_group@yahoo.co.id @My Ym, @MyFacebook, @MyTwitter, @MyFriendster, @MyYuwie, @MyMultiply

Tidak ada komentar:

Posting Komentar